Bagikan

INSPIRATIONAL TALK 2024 Chapter 5 - LEADING CHANGE AT YOUNG AGE

Speaker: Fadli Rahman - TM'03 Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Bisnis Pertamina Power Indonesia

https://www.youtube.com/watch?v=aBClkxXjm_4

Pointer Inspirational Talk 2024 – Leading Change at Young Age by Fadli Rahman TM03

  • Setelah lulus dari TM ITB, Mas Fadli sempat bergabung dengan Conoco Philips, namun ketika karena satu dan lain hal, beliau memutuskan pindah ke Schlumberger untuk mendapatkan pengalaman langsung di lapangan dan di luar negeri. 
  • Karir Mas Fadli berawal sebagai teknikal reservoir kemudian berlanjut ke ekonomi hingga konsultan manajemen dan kementrian.
  • Beberapa perubahan yang dipimpin Mas Fadli yaitu meningkatkan value geothermal melalui IPO listing, serta pengembangan renewables seperti PLTS di wilayah PHR, pengembangan industri baterai melalui IBC dan bisnis bursa karbon. 
  • Nilai yang didapat yaitu bahwa meningkatkan value dengan menjaga fundamental sehingga dapat berkembang secara konsisten merupakan hal yang penting,
  • Menjadi pemimpin berusia muda memiliki banyak tantangan yaitu orang yang lebih berumur akan memiliki lebih banyak tantangan. Ketika memiliki anggota tim yang lebih tua harus dapat menyeimbangkan antara arahan perintah dengan etika dimana terdapat juga efek intimidasi dari senior. Sulitnya membagi waktu bagi keluarga dan relatif terdekat.
  • Harus memperhatikan background kultur orang lain dan memahami perberdaan. Tidak boleh pilih pilih pekerjaan. Memiliki rencana finansial sehingga tidak terjadi overspend. Memiliki rencana alternatif ketika industri sedang turun.
  • Ketika berada di titik terendah atau overwhelmed dengan pekerjaan, kita bisa berkembang . Skill komunikasi itu penting karena ide yang tidak dikomunikasikan tidaklah berguna. Pentingnya memiliki rencana dan investasi untuk personal growth secara optimal. Mencari passion atau keunikan diri sendiri.
  • Mendengarkan orang orang yang peduli dengan Anda. Karena mereka care dengan Anda dan ingin yang terbaik bagi Anda. Cerita Mas Fadli ketika beliau memutuskan untuk resign dari BCG dan pindah ke salah satu tech startup, banyak orang yang menentang sehingga beliau kembali dan itu menjadi pilihan yang tepat.
  • Indonesia memiliki banyak orang pintar, jangan karena kita berasal dari ITB menjadikan hal itu sebuah kesombongan.
  • Kepemimpinan adalah membimbing dan melayani, bersama sama bergerak dan pemimpin menjadi seseorang yang mendorong tim dari belakang, dan ketika ada masalah pindah kedepan untuk melindungi dan memastikan tim itu diayomi. Kita juga harus dapat menjadi seorang soldier yang siap sedia karena pekerjaan akan datang kapan saja.
  • Sebagian besar isu korporasi ada di permasalahan di pemahaman dan komunikasi antar fungsi jadi pemahaman dari fungsi A dengan fungsi B untuk satu isu yang sama itu berbeda dan lebih parah lagi menurut fungsi A dan fungsi B pemahaman mereka itu rasional dan keputusan mereka itu rasional
  • Dapat menempatkan diri dengan baik, tidak mengambil spotlight ataupun terlalu tersembunyi di belakang. Bangun hubungan yang baik dengan baik dan respectful dengan semua orang.
  • Pentingnya untuk memahami comfort zone, ketika semua pekerjaan sudah tidak sulit dan secara ekonomi stabil. Mas Fadli memutuskan untuk keluar dari comfort zone karena keinginannya untuk semakin berkembang.
  • Sukses adalah bagaimana cara seseorang berkontribusi dan bukan diukur melalui jabatan. Kesuksesan setiap orang bisa memiliki nilai yang berbeda.